DESKRIPSI TUGAS
1. Pilih sebuah produk, perusahaan online di Indonesia atau yang berpusat di Indonesia. Ini dapat anda peroleh melalui pencarian dengan Internet search engine (Google, Yahoo, dsb.) atau dari media lain seperti majalah bisnis, buku, dsb.
2. Lakukan observasi dengan mengunjungi situs online perusahaan tersebut untuk mendapatkan informasi tentang :
- produk/jasa yang ditawarkan,
- target konsumennya,
- cara delivery produk/jasa-nya.
3. Analisa darimana perusahaan itu memperoleh keuntungan untuk dapat mempertahankan kelangsungan bisnisnya.
4. Laporkan hasil observasi dan analisa anda dalam sebuah tulisan yang memuat setidak-tidaknya:
a. Nama perusahaan beserta alamat online-nya(latar belakang perusahaan atau produk)
b. Model bisnis perusahaan tersebut:
-aktivitas bisnis
-komponen Sifo (SDM, SDH,SDS, SDD, SDJ)
-pengembangan produk
Produk/jasa/nilai yang ditawarkan kepada konsumennya
-strategi pengembangan
-Proses dukungan untuk pelanggan (strategi)
Siapa konsumennya, kalau perlu jelaskan kira-kira segmen konsumen mana yang menjadi target pasar perusahaan, dan mengapa kelompok konsumen itu akan memilih berbisnis dengan perusahaan tsb.
-strategi untuk menghadapi persaingan
-menghadapi tantangan kejahatan atau keamanannya
c. Kira-kira bagaimana prospek bisnis tersebut berdasarkan model bisnis, situasi pasar dan persaingan yang anda ketahui.
d. Bagaimana interface atau tampilan situs? Apakah menu dan navigasinya mudah, tampilannya interaktif, animatif, dsb ?
penyelesaian dari DESKRIPSI TUGAS TSB :
1. GRAMEDIA TOKO BUKU ONLINE (http://www.gramediaonline.com/cara/shop_way.cfm)
2. A. SEGALA BUKU
B. Silakan anda memberikan saran dan kritik kepada kami atau permasalahan yang anda hadapi tentang pelayanan kami melalui formulir di bawah ini. Tekan tombol Kirim untuk mengirimkan pendapat anda.
Nama :
E-mail :
Judul :
Pesan :
Terima kasih atas kritik dan saran anda
C. Cara delivery.pemesanan buku sampai pada konsumen
(1) Silakan Memasukkan Kartu ATM BCA Anda
(2) Masukkan Nomor PIN Anda
(3) Jika Nomor PIN anda benar, pilih "TRANSAKSI LAIN"
(4) Pilih "PEMBAYARAN"
(5) Pilih "LAIN-LAIN”
(6) Masukkan Nomor Rekening Gramedia Cyberstore : 4673001621 dan pilih "BENAR"
(7) Masukkan "KODE PEMBELIAN" (Receipt #) dan pilih "BENAR" . Kode Pembelian setiap transaksi selalu berbeda, gunakanlah kode pembelian yang benar dan sesuai dengan tanda terima transaksi Anda
(8) Masukkan jumlah uang yang akan Anda bayar dan pilih "BENAR"
(9) Tampilan berikutnya adalah layar konfirmasi pembayaran Anda. Periksalah pembayaran Anda dengan teliti. Kemudian pilih "BENAR"
(10) Apakah Anda ingin melakukan transaksi yang lain ? Pilih "TIDAK" jika Anda tidak ingin melakukan transaksi lain.
(11) Transaksi selesai. Silakan mengambil Kartu Anda
(12) Silakan mengambil tanda terima dan simpanlah sebagai bukti Anda telah membayar Gramedia Online melalui ATM
(13)Saat barang sampai kepada konsumen, konsumen menunjukkan bukti pembayaran kepada perusahaan yang mengirim nya.
4. A . Latar Belakang
Tak bisa dipungkiri bahwa distribusi merupakan mata rantai yang lemah dalam dunia bisnis di Indonesia. Penerbit dan percetakan saja tidaklah cukup untuk dapat mendistribusikan produk secara merata ke seluruh pelosok tanah air. Itulah sebabnya Kelompok Kompas - Gramedia (KKG) mendirikan jaringan toko buku, dengan maksud memperkuat penyebaran produk, tanpa berkeinginan untuk lepas dari jaringan distribusi yang ada.
Toko Buku Gramedia didirikan 02 Februari 1970 oleh P.K. Ojong, yang juga merupakan pendiri KKG, dengan misi turut serta menyebarkan produk pendidikan dan informasi, demi tercapainya cita-cita bersama mencerdaskan kehidupan bangsa, menuju masyarakat baru Indonesia yang berkehidupan Pancasila.
Dari sebuah toko buku kecil berukuran 25 m2, yang berlokasi di Jalan Gajah Mada, Jakarta Barat, Toko Buku Gramedia sampai tahun 2002 telah tumbuh dan berkembang menjadi 50 toko, yang tersebar dibeberapa kota utama di Indonesia.
Mengantisipasi perkembangan ilmu dan teknologi, Toko Buku Gramedia membentuk 'Gramedia Online'. Alamat Toko Buku www.gramediaonline.com:
B. Semula - pada saat berdiri - Toko Buku Gramedia hanya menawarkan buku. Namun saat ini ragam produknya sudah semakin berkembang, antara lain : stationery, fancy, peralatan kantor, peralatan olahraga, dan produk berteknologi tinggi seperti CD-ROM, audio-video book, dan berbagai produk lain.
Pemasaran produk tersebut, didukung ratusan penerbit dan pemasok dalam dan luar negeri, termasuk didalamnya beberapa penerbit intern KKG, seperti : Gramedia Pustaka Utama, Elex Media Komputindo, Gramedia Widya Sarana, Bhuana Ilmu Populer, dan Penerbit Gramedia Majalah.
Inovasi Nilai Pelanggan dalam Perencanaan dan Pengembangan Produk
Aplikasi Strategi Samudra Biru dalam Meraih Keunggulan
Penulis : Humiras Hardi Purba (par-Pakkat)
Penerbit : Graha Ilmu (Yogyakarta)
Jml. Halaman : 204 + xii
ISBN : 978-979-756-432-2
Persaingan bisnis yang cenderung ganas telah menjadikan kata ”Inovasi” menjadi sangat populer saat ini. Bahkan beberapa perusahaan terkemuka memajang suatu slogan yang terkesan dahsyat, ”Inovasi atau Mati”. Buku Inovasi Nilai Customer dalam Perencanaan dan Pengembangan Produk, dengan sub-judul ”Aplikasi Strategi Samudra Biru dalam Meraih Keunggulan” memaparkan dengan detail proses pengembangan produk mulai dari tahap perencanaan, analisis kebutuhan customer sebagai langkah strategis dalam mengembangkan produk-produk yang unggul di pasar.
Faktor-faktor kompetisi serta strategi inovatif yang diterapkan perusahaan-perusahaan yang meraiah sukses cemerlang baik perusahaan lokal maupun multinasional secara lengkap dipaparkan berikut grafik perbandingan dengan beberapa competitor (pesaing).
Strategi Samudra Biru (Blue Ocean Strategy) sebagai suatu a way of thinking dipetakan dengan cara yang sederhana dan mudah ditelaah oleh orang awam, berikut tahapan-tahapan analisis dalam menentukan buyer value yang efektif dan menjadi jawaban bagi kebutuhan customer dalam memilih dan memutuskan membeli suatu produk dan atau jasa. Peran penting desain industri dalam merancang produk-produk kreatif dan marketable dan tantangan bagi para engineer, industrial designer, dan para praktisi industri lokal yang cenderung hanya sebagai assembly industry (industri perakitan) juga diulas dan disajikan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti.
Para praktisi industri khususnya yang menangani pengembangan produk (product development), para manajer, mahasiswa jurusan desain produk, perancangan teknik dan pengembangan produk, teknik industri serta masyarakat umum yang ingin mengetahui strategi sukses perusahan-perusahaan baik yang bergerak di bidang barang atau jasa, sangat tepat membaca buku ini sebagai bahan referensi sehingga dapat lebih memahami strategi inovatif dalam mengembangkan bisnis menjadi lebih unggul.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar